Rabu, 10 Juni 2015

Tips dan Cara Membiasakan Anak Untuk Sikat Gigi

Tips dan Cara Membiasakan Anak Untuk Sikat Gigi – Bagi anda yang memiliki buah hati yang masih kecil terkadang sangat susah untuk sikat gigi dan pada waktu mandi pasti menangis karena menolak untuk sikat gigi. Hal ini banyak disebabkan oleh berbagai macam faktor kemungkinan karena pasta gigi yang dianggap pedas atau bagian gigi atau gusi yang sakit karena faktor pertumbuhan gigi. Sebaiknya pada saat si kecil atau anak anda sudah tumbuh gigi sebaiknya usahakan anak di biasakan untuk menggosok gigi secara rutin baik setelah makan atau sebelum tidur. Selain itu anda peringatkan kepada anak- anak untuk menghindari makanan yang manis manis seperti permen, manisan es, atau makanan yang lainnya yang dapat merusak gigi anak anda. Berikut ini merupakan Tips dan Cara Membiasakan Anak Untuk Sikat Gigi:



1. Cara pertama ialah dengan cara mengajak si kecil untuk menggosok gigi bersama dengan anda.

2. Pasang cermin dan ajak si kecil menggosok gigi sambil bercermin sesuai dengan tinggi si kecl.

3. Ajak si kecil di toko untuk membeli sikat gigi dan pasta gigi kesukaan.

4. Anda bisa pura- pura melihat apa makanan yang masih menempel, dan setelah anak menggosok gigi kemudian anda beri pujian kepada anak.

5. Selalu memuji anak anda setelah menggosok gigi.

Dalam memilih sikat gigi untuk anak anda sebaiknya anda bisa membelikan anak anda sesuai dengan selera anak anda, namun yang perlu di perhatikan apakah sikat gigi tersebut baik atau aman bagi anak. Sikat gigi untuk anak- anak sangat berbeda dengan sikat gigi untuk orang dewasa. Berikut ini merupakan tips terbaik memilih sikat gigi untuk anak:

1. Pilihlah sikat gigi untuk anak yang memiliki bulu yang lembut selain itu juga memilih kepala sikat gigi yang kecil sehingga bisa menjangkau bagian gigi anak anda.

2. Pilihlah ujung bagian bulu sikat yang berbentuk bulat agar tidak menyebabkan luka pada gusi anak anda.

3. Pilihlah sikat gigi dengan gagang yang baik sehingga dapat melatih motorik anak anda.

4. Selalu menyiapakan sikat gigi cadangan.

5. Ganti sikat gigi yang lama dengan yang baru, jika anak anda sudah sembuh dari sakit. Terkadang virus atau bakteri masih menempel di bulu sikat gigi.

Demikian merupakan Tips dan Cara Membiasakan Anak Untuk Sikat Gigi di okekesehatan yang sangat bagus dan aman. Gigi merupakan organ pencernaan yang awal dalam mengunyah makanan, jika gigi sakit pada anak hal ini membuat anak menjadi susah makan dan anak mudah sekali untuk terserang penyakit. Gigi yang sehat dan bersih juga membuat anak menjadi sehat karena gigi atau mulut yang kotor tidak dibersihkan dengan teratur menimbulkan perkembang biakan bakteri sehingga rawan dan mudah terserang penyakit. Waktu membiasakan menggosok gigi pada anak adalah setelah makan dan menjelang mau tidur (Baca: Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan).

Tips dan Cara Membiasakan Anak Untuk Sikat Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto